Definisi Web Science
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
Sejarah Web Science
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.
2. Arsitektur dan Security Web
Arsitektur Web
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dan Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Arsitektur Web merupakan seni atau ilmu dalam merancang sebuah halaman situs. Arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis(keindahan), dan fungsionalitas.
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dan Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Arsitektur Web merupakan seni atau ilmu dalam merancang sebuah halaman situs. Arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis(keindahan), dan fungsionalitas.
Macam-macam Arsitektur Web :
- Pattern /Pola
Suatu pola menguraikan masalah perulangan perancangan yang muncul dalam sebuah konteks perancangan spesifik dan mengusulkan solusi.
- Framewok
Sistem perangkat lunak yang dapat digunakan kembali dengan fungsi umum yang telah ditetapkan atau sebuah cetak biru untuk arsitektur dasar dan arsitektur fungsional untuk field applikasi yang spesifik.
- Model View Control (MVC)
Arsitektur perangkat lunak yang memisahkan model data, antarmuka pengguna, dan logika kontrol ke dalam tiga komponen yang berbeda sehingga pemodifikasian komponen view dapat dibuat dengan meminimalkan komponen data.
- Struts
Frame Work Open Source yang di pakai untuk membangun aplikasi berbasis Web.
- Codeigniter
Web Application framework dengan bahasa pemrograman PHP yang dikembangkan oleh EllisLab.
- Integrasi Sistem
Sebuah rangkaian proses untuk mengubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun secara fungsional.
- SoA
Suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya.
Web Security
Adalah Suatu tata cara mengamankan aplikasi web yang dikelola, biasanya yang bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut. Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website, princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
Adalah Suatu tata cara mengamankan aplikasi web yang dikelola, biasanya yang bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut. Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website, princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
3. Web Science detikcom serta Kelebihan dan Kekurangannya
detikcom ialah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp.
Kelebihan detikcom :
1.Informasi yang cepat dalam memberikan informasi yang didapat dari masyarakat. Dalam hal ini update dilakukan dalam waktu 24 jam secara terus menerus
2. Berita yang dimuat,ditulis dan mudah dipahami oleh bahasa masyarakat
3. Mudah mengaksesnya,dan bisa dinikmati berbagai macam teknologi baik komputer maupun telpon genggam
4. Memungkinkan interaksi pembaca melalui fasilitas forum pembaca. sehingga masing-masing bisa berdiskusi atas sebuah topik
5.Didukung oleh wartawan-wartawan yang memiliki tingkat profesionalisme tinggi sehingga mampu menyajikan berita yang bermutu
1.Informasi yang cepat dalam memberikan informasi yang didapat dari masyarakat. Dalam hal ini update dilakukan dalam waktu 24 jam secara terus menerus
2. Berita yang dimuat,ditulis dan mudah dipahami oleh bahasa masyarakat
3. Mudah mengaksesnya,dan bisa dinikmati berbagai macam teknologi baik komputer maupun telpon genggam
4. Memungkinkan interaksi pembaca melalui fasilitas forum pembaca. sehingga masing-masing bisa berdiskusi atas sebuah topik
5.Didukung oleh wartawan-wartawan yang memiliki tingkat profesionalisme tinggi sehingga mampu menyajikan berita yang bermutu
Kekurangan detikcom :
1. Iklan yang sudah diterbitkan tidak dapat dirubah
2.Terlalu banyaknya iklan yang muncul saat mengakses akun detik.com
4. Etika, Konten, dan Metadata dalam Web Science
Etika dalam menggunakan Web Science
1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
2. Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
3. Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
4. Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
5. Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
6. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
7. Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
8. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
9. Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
10. Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendiri.
1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
2. Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
3. Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
4. Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
5. Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
6. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
7. Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
8. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
9. Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
10. Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendiri.
Metadata
Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.
Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.
5. Aplikasi PC dan Mobile Berbasis Web
Didirikan pada Juni 2011, Twitch adalah platform video sosial terkemuka di dunia dan komunitas untuk para gamer. Setiap bulan, lebih dari 100 juta anggota masyarakat berkumpul untuk menonton dan berbicara tentang video game dengan lebih dari 1,7 juta penyiar. Siaran langsung Twitch dan video pada platform permintaan melayani seluruh industri video game, termasuk game developer, penerbit, media, peristiwa, pencipta konten kasual, dan adegan seluruh Esports.
Di Twitch sebagian orang melakukan live streaming dari berbagai pertandingan-pertandingan internasional Esport, ada juga live streaming yg dari para atlet Esport. Dari Twitch ini banyak pecinta game atau Esport yang bisa menyaksikan secara langsung pertandingan game yang disukainya tanpa harus ketinggalan. Twitch juga dapat diakses di smartphone/hp dengan mendownload aplikasi Twitch terlebih dahulu.
Di Twitch sebagian orang melakukan live streaming dari berbagai pertandingan-pertandingan internasional Esport, ada juga live streaming yg dari para atlet Esport. Dari Twitch ini banyak pecinta game atau Esport yang bisa menyaksikan secara langsung pertandingan game yang disukainya tanpa harus ketinggalan. Twitch juga dapat diakses di smartphone/hp dengan mendownload aplikasi Twitch terlebih dahulu.
6. Komunikasi Pembelajaran Berbasis Komunitas pada Web
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
7. Forum V-Class Universitas Gunadarma
Pengertian V Class
Virtual Class merupakan fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma.
Virtual Class dilaksanakan sebanyak 3x pertemuan dalam satu semester dan memiliki bobot yang sama dengan tatap muka kelas. Pertemuan tersebut merupakan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Penilaian kegiatan pembelajaran ini merupakan bagian dari keseluruhan Nilai Akhir mahasiswa.
Virtual Class dapat diakses dengan menggunakan akun staffsite untuk dosen dan akun studentsite untuk mahasiswa. Bagi pengguna tamu dapat mengakses beberapa materi hasil hibah pengajaran.
Kelebihan V-Class :
Virtual Class merupakan fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma.
Virtual Class dilaksanakan sebanyak 3x pertemuan dalam satu semester dan memiliki bobot yang sama dengan tatap muka kelas. Pertemuan tersebut merupakan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Penilaian kegiatan pembelajaran ini merupakan bagian dari keseluruhan Nilai Akhir mahasiswa.
Virtual Class dapat diakses dengan menggunakan akun staffsite untuk dosen dan akun studentsite untuk mahasiswa. Bagi pengguna tamu dapat mengakses beberapa materi hasil hibah pengajaran.
Kelebihan V-Class :
- Mahasiswa dapat membaca materi perkuliahan dengan mudah dan cepat
- Mahasiswa dapat mereview materi yang ada dengan mengerjakan soal-soal yang ada
- Terdapat forum untuk mendiskusikan masalah yang ada mengenai materi yang ada
Kekurangan V-Class :
- Bagi mahasiswa tertentu kurang dapat memahami materi dengan maksimal
- Kurangnya interaksi antar mahasiswa dengan dosen
- Server v-class terkadang suka error sehingga tidak dapat diakses yang menghambat pembelajaran
Sumber :
http://januardwisurya.blogspot.com/2016/03/sejarah-definisi-metodologi-penggunaan.html
http://januardwisurya.blogspot.com/2016/03/arsitektur-dan-security-web.html
http://januardwisurya.blogspot.com/2016/04/web-science-detikcom-serta-kelebihan.html
http://januardwisurya.blogspot.com/2016/04/etika-konten-dan-metadata-dalam-web.html
http://januardwisurya.blogspot.com/2016/07/aplikasi-pc-dan-mobile-berbasis-web.html
http://januardwisurya.blogspot.com/2016/07/komunikasi-pembelajaran-berbasis.html
http://januardwisurya.blogspot.com/2016/07/forum-v-class-universitas-gunadarma.html




Tidak ada komentar:
Posting Komentar